cara atasi kesemutan pada tangan dan kaki

3 Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan dan Kaki Yang Ampuh dan Alami

 

Meski bukan termasuk penyakit yang berbahaya, kesemutan tetap menjadi salah satu hal yang sangat menganggu. Kondisi kesemutan biasanya akan membuat bagian tubuh tertentu menjadi nyeri dan terasa tidak nyaman sekali. Bukan hanya pada orangtua saja, kesemutan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, bahkan anak-anak sekalipun. Posisi tubuh yang dibiarkan terlalu lama tanpa adanya gerakan sama sekali, biasanya akan menjadi penyebab kesemutan terjadi. Dalam kondisi seperti ini, bagian tertentu pada tubuh akan sulit dan terasa nyeri ketika digerakkan, sehingga harus sedikit dipaksakan untuk berubah posisi, agar kesemutan bisa dihentikan.Kondisi ini biasanya tidak akan berlangsung lama, namun tetap saja terasa menggangu dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Namun meskipun demikian, oleh kebanyakan orang hal ini tidak dianggap sebagai masalah serius, sehingga kesemutan bukanlah gangguan yang sering diatasi dengan menggunakan obat-obatan.

Penyebab kesemutan

1.Himpitan pada syaraf
Pada dasarnya kesemutan terjadi akibat adanya gangguan pada kelancaran aliran darah di area tertentu tubuh, seperti tangan atau kaki. Hal ini biasanya akibat terjadinya himpitan / tekanan pada pembuluh darah di area tersebut, sehingga aliran darah menjadi terganggu. Contohnya: ketika seseorang duduk dalam posisi yang sama selama belasan menit dan tidak melakukan gerakan pada beberapa bagian tertentu di tubuhnya (kaki), maka bisa saja aliran darah ke kaki tidak akan berjalan dengan lancar, akibat adanya himpitan pada beberapa pembuluh darah yang tertekan pada sekitar area paha saat duduk. Hal ini akan menyebabkan kaki kesemutan.
Kondisi kesemutan ini biasanya hanya akan terjadi sesaat saja, dan hilang dengan sendirinya ketika tubuh “dipaksa” untuk melakukan gerakan. Pada awalnya gangguan ini hanya terjadi pada fungsi serabut syaraf pada titik tertentu di tubuh. Namun dalam kondisi tertentu, kesemutan juga bisa terjadi akibat adanya gangguan pada syaraf tepi. Dengan begitu, kesemutan yang tadinya masih dalam tingkat ringan (sebagian kecil ujung tubuh saja / kaki atau tangan), lama ke lamaan bisa menyebar dan menjadi keseluruhan bagian kaki, atau bahkan kedua kaki sekaligus.

2.Kekurangan vitamin B
Penurunan fungsi syaraf ini bisa saja diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin B kompleks pada tubuh, sehingga aliran darah pada ujung bagian tubuh (tangan / kaki) menjadi tidak lancar. Kondisi inilah yang menyebabkan kesemutan, baik itu dalam tingkat ringan ataupun yang lebih parah pada keseluruhan bagian kaki dan tangan. Namun jika ternyata kesemutan terjadi pada orangtua dan hanya pada satu atau beberapa jari tangan saja (tidak keseluruhan jari), maka hal ini bisa saja indikasi terhadap penyakit stroke

3.Penyakit diabetes. 
Bagi para penderita diabetes, kesemutan juga bisa terjadi akibat gula darah terlalu tinggi dan tidak terkontrol. Hal ini bisa saja menyebabkan rusaknya beberapa fungsi syaraf di dalam tubuh, dan mengakibatkan kesemutan serta rasa nyeri pada ujung jari tangan dan kaki (baik itu secara keseluruhan ataupun sebagian).

4.Konsumsi alkohol yang berlebihan
Alkohol juga kerap menjadi penyebab terjadinya kesemutan, sebab minuman keras yang satu ini memang mengakibatkan kurangnya vitamin B1 di dalam tubuh, sehingga gangguan syaraf tidak bisa terhindarkan dan mengakibatkan kesemutan pada area tubuh tertentu.

Cara Mengatasi Kesemutan Secara Alami dan Mudah

Pada awalnya kesemutan ini mungkin bukanlah sesuatu yang mengganggu, namun jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, kondisi ini bisa saja menjadi semakin buruk dan parah. Penanganan yang baik sejak awal, tentu akan sangat membantu untuk mengurangi kesemutan dan mencegahnya semakin parah. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kesemutan dengan mudah dan cepat:
1. Lakukan gerakan ringan
Dalam kondisi kesemutan yang ringan dan tidak terlalu sering terjadi, biasanya hal ini disebabkan oleh terhimpitnya syaraf pada bagian tertentu dan aliran darah menjadi terhambat di area tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada tangan atau kaki, di mana kedua bagian tersebut sulit untuk digerakkan dan terasa nyeri akibat kesemutan. Cobalah untuk menggerakkan bagian tersebut secara perlahan, sehingga aliran darah bisa lancar kembali seperti semula. Hal ini mungkin akan terasa sulit pada awalnya, jadi lakukan mulai dari sedikit ujung kaki / tangan, lalu dilanjutkan dengan gerakan ringan pada semua bagian tersebut. Gerakan ini akan membuat aliran darah kembali lancar dan rasa kesemutan berkurang dengan / hilang dengan cepat. Hindari untuk duduk atau menaruh posisi yang sama pada tangan / kaki dalam waktu yang lama, agar kesemutan tidak terjadi pada bagian-bagian tersebut. 
2. Konsumsi vitamin B
Dalam beberapa kasus yang lebih serius, kesemutan bisa saja datang lebih sering dan dalam tingkat yang lebih parah. Hal ini biasanya akibat kekurangan vitamin B pada tubuh. Bukan Cuma satu saja, vitamin B yang dibutuhkan oleh syaraf terdiri dari vitamin B1, B6, serta B12. Pastikan asupan vitamin B di dalam tubuh mencukupi, yakni dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tepat dan memiliki kandungan vitamin B yang baik. 
3. Hentikan konsumsi alkohol
Mulailah pola hidup sehat dan hentikan konsumsi alkohol, agar vitamin B1 di dalam tubuh tetap terjaga dan berfungsi secara maksimal. Bukan hanya vitamin B1 saja, alkohol juga bisa merusak organ-organ penting yang terdapat di dalam tubuh kita.
Kesemutan bisa membuat banyak aktifitas menjadi terganggu, terutama jika kita bekerja dan harus pada posisi yang sama untuk waktu yang lama. Hindari hal ini dengan lebih sering menggerakkan dan mengubah posisi tangan dan kaki sesering mungkin.
Cara mengatasi kesemutan bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa menggunakan obat-obatan sekalipun, sebab gerakan ringan dengan mengebaskan tangan / kaki saja ampuh untuk mengusir rasa tidak nyaman tersebut dari tubuh kita.





 

 

Comments

Popular posts from this blog

Obat Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat

Obat Asam Urat Alami

Obat Tradisional Malaria Mujarab